144.000 ( Wahyu 7 : 1 – 8 )

144.000 ( Wahyu 7 : 1 – 8 )

Siapakah orang-orang pilihan yang berjumlah 144.000 yang disebutkan dalam kitab Wahyu dan apakah tujuannya?


Ada beberapa kemungkinan yang merupakan bukan bagian dari Wahyu yang telah di salah gunakan pada pasal 7 kitab Wahyu yang mengatakan ada sekitar 144.000 Yahudi yang di “meteraikan” sebagai “hamba-hamba” Tuhan. Saksi Yehova  menyatakan bahwa itulah mereka yang merupakan pendiri dan penggerak komunitas ini. Paham okultisme  juga menyatakan bahwa merekalah orang-orang itu. Dan banyak dari pihak Kristen berargumen bahwa orang-orang tersebut adalah simbol dari Gereja.
Bagaimana 144.000 Yahudi itu bisa disebut sebagai simbol Gereja? hal itu di luar pengertian saya. Tafsiran atau terjemahan ini adalah contoh baik dari khayalan orang-orang yang suka akan Wahyu. Apa yang harus Tuhan lakukan untuk meyakinkan kita bahwa Ia mengatakan hal itu kepada 144.000 Yahudi ? Ia mengatakan bahwa mereka adalah orang-orang Yahudi. Lebih lagi, Ia memanggil mereka, “suku keturunan Israel” (Wahyu 7:4).  Dia bahkan menghitung mereka menurut suku mereka, 12.000 akan hadir dari masing-masing suku. Apakah Dia perlu memberikan tanda yang lebih jelas lagi dari langit dengan mengatakan ,”Aku berbicara tentang orang-orang Yahudi”? 


Mengapa ada beberapa suku-suku Yahudi yang lain yang tidak disebutkan dari yang 144.000 itu?


 
 
Di dalam daftar suku pada Wahyu 7, suku Dan dan Efraim tidak ditulis dan digantikan Lewi dan Yusuf supaya ada duabelas suku. Mengapa? Tidak seorangpun tahu pasti. Dugaan saya bahwa Dan dan Efraim tidak dimasukkan dalam daftar tersebut karena mereka membiarkan anak-anak Israel hidup dalam pemujaan berhala. (Ulangan 29:18-21 dan 1 Raja-Raja 12:25-33). Disana dikatakan bahwa dua suku tersebut bertanggung jawab atas penyembahan berhala dan tidak mengabarkan Injil bersama suku yang lain pada masa Kesengsaraan.
Tetapi kasih Allah ditunjukkan pada akhir kitab Wahyu bahwa ketika Yerusalem Baru di berikan ( Wahyu 21:12) dikatakan bahwa Kota itu akan memiliki duabelas gerbang dan setiap gerbang akan dinamai masing-masing “nama duabelas suku Israel”. Dalam Yehezkiel 48 : 30-34 dikatakan bahwa keduabelas suku disebutkan masing-masing dan tertulis pada pintu gerbang Yerusalem, termasuk Lewi dan Yusuf. Itu artinya bahwa satu gerbang akan dinamai Dan, juga  Manasye dan Efraim yang dimasukkan dalam nama Yusuf. 


Apakah jumlah 144.000 dalam Wahyu 7 sama dengan 144.000 yang di Wahyu 14?


Saya percaya itu benar. Kitab memperkenalkan yang 144.000 sebelumnya dan kemudian menjelaskan selanjutnya, jika berbeda maka ada penjelasan lain dalam Kitab itu.
Di dalam bukunya, Revelation illustrated and Made Plain, Tim LaHaye mengemukakan pendapatnya bahwa 144.000 dalam Wahyu 14 adalah sekumpulan Orang-orang bukan Yahudi (Kristen) yang sudah di ubahkan pada masa Kesengsaraan dan yang melayani Allah tanpa kenal lelah hingga menjadi martir sebelum masa Kesengsaraan. Dia mengakui bahwa pernyataan ini membuat dia “masuk dalam minoritas komentator”.
 Wahyu 14 menggambarkan 144.000 orang yang berdiri di Gunung Zion bersama Yesus. LaHaye berpendapat bahwa penggambaran ini mengambil tempat di tengah masa Kesengsaraan, dan  Yesus  tidak akan berdiri di Gunung Zion di Yerusalam pada masa yang akan datang, menurut pendapat dia bahwa Gunung Zion merupakan simbol dari Surga. Jadi , dia menyimpulkan bahwa para Kristen (144.000) tersebut yang telah mati karena iman dan sekarang berada di surga bersama Yesus. 
Saya berpikir tidaklah demikian, poin pertama saya akan menggambarkan bahwa kejadian ini tidak terjadi pada pertengahan masa Kesengsaraan. Pada seluruh Wahyu 14 menyatakan akhir dari masa Kesengsaraan, memberi pengetahuan kepada pembaca tentang apa yang akan terjadi pada akhir masa Kesengsaraan., memastikan bahwa Yesus  akan mengakhirinya dengan kemenangan. Poin kedua adalah bahwa para kumpulan orang-orang itu (144.000) tidak berada di Surga. Mereka ada di Gunung Zion di Yerusalem dimana Yesus kembali ke dunia untuk  menunjukkan kekuasaanNya bahwa Dialah Raja segala raja.  Dia telah mempersiapkan mereka pada masa Kesengsaraan, Dia akan merayakan kemenanganNya bersama mereka. Mereka bernyanyi nyanyian yang terdengar dari Surga , dan hanya mereka yang dapat menyanyikan nyanyian itu ( Wahyu 14: 2-3). Jadi, jika 144.000 pada Wahyu 14 berbeda dengan 144.000 suku Yahudi pada Wahyu 7, maka akan ada keterangan tambahan dalam Kitab mengenai hal tersebut.


Apakah tujuan mereka?


Apakah peran dari ke 144.000 orang-orang Yahudi pada masa Kesengsaraan? Apakah tujuan mereka? Semua tulisan mengatakan bahwa mereka akan menjadi “hamba-hamba  Allah”. (Wahyu 7:3 ).
Namun secara kontektual menunjukkan bahwa mereka akan melayani Allah sebagai pekabar Injil. Saya mengatakan demikian karena dari penjelasan selanjutnya mengatakan bahwa “…suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa..” ( Wahyu 7 : 9 ). Yohanes melihat sekumpulan besar orang dari Surga berdiri dihadapan tahta Allah dan ia bertanya “siapakah mereka yang memakai jubah putih itu dan dari manakah mereka datang?” ( Wahyu 7 : 13 ). Dikatakan kepadanya bahwa mereka adalah orang-orang yang keluar dari Kesusahan yang besar; dan “mereka telah mencuci jubah mereka  dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba” ( Wahyu 7 : 14 ).




Tidak ada komentar: