mining saya

GOG-MAGOG VS ARMAGEDDON part.2

 GOG - MAGOG VS ARMAGEDDON    (2)

Kejadian gempa bumi saat kedatangan Yesus yang kedua juga ditulis di kitab Wahyu:
Wahyu 16: 17 Dan malaikat yang ketujuh menumpahkan cawannya ke angkasa. Dan dari dalam Bait Suci terdengarlah suara yang nyaring dari tahta itu, katanya : “sudah terlaksana.”  18 Maka memancarlah kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sebelum manusia ada di muka bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu. 19 lalu terbelahlah kota besar itu menjadi tiga bagian dan runtuhlah kota-kota bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Maka teringatlah Allah akan Babel yang besar itu untuk memberikan kepadanya cawan yang penuh dengan anggur kegeraman murkaNya. 20  dan semua pulau hilang lenyap, dan tidak ditemukan lagi gunung-gunung.
Di sini dapat kita lihat persamaan dengan nubuat Zehezkiel mengenai gempa bumi yang akan terjadi pada saat Gog mencoba menyerang Israel. Pertama , kita lihat dimana  guncangan gempa sangatlah besar sehingga menyamai gunung-gunung ( Yehezkiel 38 : 20 ; Wahyu 16 : 20 ). Kemudian, kita lihat gempa bumi tersebut  akan menyebabkan semua tembok bangsa-bangsa runtuh atau roboh ( Yehezkiel 38 : 20 ; Wahyu 16 : 19 ). Dimana gunung-gunung dan kota-kota di bumi di hancurkan dalam sekali waktu, bisa diambil kesimpulan  bahwa  dua bagian ini merupakan suatu kesamaan.
Selanjutnya , Yehezkiel mulai berbicara tentang apa yang akan terjadi dengan tentara-tentara Gog :
Zehezkiel 38 : 21 Dan Aku akan memanggil segala macam kekejutan terhadap Gog, demikianlah firman Tuhan ALLAH, sehingga pedang seseorang akan memakan yang lain.
Zehezkiel  mengatakan bahwa para tentara-tentara dari bangsa-bangsa yang telah di himpun oleh Gog dalam rangka menyerang Israel justru mereka itu melawan satu sama lain. Kita bisa lihat kesamaannya dalam kitab Zakharia pasal 14, bagaimana peperangan ini akan terjadi :
Zakharia 14 : 12 Inilah tulah yang akan ditimpakan TUHAN kepada segala bangsa yang memerangi Yerusalem : daging mereka akan menjadi busuk, sementara mereka masih berdiri, mata mereka akan menjadi busuk dalam lekuknya dan lidah mereka akan menjadi busuk dalam mulut mereka. 13 Maka pada waktu itu akan terjadi kegemparan besar daripada TUHAN di antara mereka, sehingga masing-masing memegang tangan temannya dan mengangkat tangannya melawan tangan temannya. 14 Juga Yehuda akan berperang melawan Yerusalem itu ; dan di kumpulkanlah harta benda segala bangsa di sekeliling, yaitu emas, perak dan pakaian dalam jumlah yang sangat besar. 15 Tulah seperti itu juga akan menimpa kuda, bagal, unta, keledai dan segala hewan yang ada dalam perkemahan-perkemahan itu.
Zakharia mencatat bahwa Tuhan mempercepat serangan tentara-tentara yang telah tiba di  Yerusalem dan secara tiba-tiba menyebabkan pasukan-pasukan itu mulai  menjadi busuk pada tubuh mereka, ketakutan yang luar biasa akan menimpa atas mereka semua. Ketakutan ini menyebabkan  para tentara panik dan menyerang siapa saja yang berada di sekitar mereka. Yang lebih menyedihkan, mereka akan saling bunuh-membunuh.
Yehezkiel 38 : 22 Aku akan menghukum dia dengan sampar dan tumpahan darah; Aku akan menurunkan hujan lebat, rambun, api dan hujan belerang atasnya dan ke atas tentaranya dan ke atas banyak bangsa yang menyertai dia.
*( rambun = hailstones = batu hujan es ).
Hal yang menarik dari penjelasan  bahwa Tuhan menghukum pasukan Gog dengan rambun ( batu hujan es ) yang menimpa pasukan Gog, dan batu hujan es di sini juga di bahas oleh Yohanes di kitab Wahtu :
Wahyu 16 : 21 Dan hujan es besar, seberat seratus pon, jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetakan hujan es itu, sebab malapetaka itu sangat dahsyat.
Di akhir kitab Yehezkiel 38 , Tuhan sekali lagi menyatakan MENGAPA Ia menghasut Gog untuk menyerang Israel dan kemudian tentara-tentara Gog akan tertimpa malapetaka ;
 Yehezkiel 38 : 23 Aku akan menunjukkan kebesaranKu dan kekudusanKu dan menyatakan diriKu di hadapan bangsa-bangsa yang banyak, dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.
Pasal 39, Yehezkiel melanjutkan nubuat tentang nasib Gog dan pasukannya :
Yehezkiel 39 : 1 Dan engkau , anak manusia, bernubuatlah melawan Gog dan katakanlah ; Beginilah firman Tuhan ALLAH : Lihat, aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal  2  dan Aku akan menarik dan menuntun engkau dan Aku akan mendatangkan engkau dari utara sekali dan membawa engkau ke gunung-gunung Israel. 3  Aku akan memukul tangan kirimu sehingga busurmu jatuh dan membuat panah-panahmu berjatuhan dari tangan kananmu. di atas gunung-gunung Israel engkau akan rebah dengan seluruh bala tentaramu beserta bangsa-bangsa yang menyertai engkau; dan engkau akan Kuberikan kepada burung-burung buas dari segala jenis dan kepada binatang-binatang buas menjadi makanannya. 5  Engkau akan rebah di padang , sebab Aku yang mengatakannya, demikanlah firman Tuhan ALLAH.
Kemudian di dalam pasal ke-39 kitab nubuat Yehezkiel, kita akan melihat dengan detail penjelasan mengenai burung-burung buas yang dipakai Tuhan untuk membunuh dan memakan tubuh tentara-tentara Gog.
Yehezkiel 39 : 6 Aku mendatangkan api keatas Magog dan keatas orang-orang yang diam di daerah  pesisir dengan aman tenteram, dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN. 7 Dan Aku akan menyatakan namaKu yang kudus di tengah-tengah umatKu Israel dan Aku tidak lagi membiarkan namaKu yang kudus di najiskan, sehingga bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Yang Mahakudus di Israel. 8 Sungguh , pasti datang dan terjadi, yaitu hari yang sudah Kufirmankan.
 
Sekali lagi, Tuhan menyatakan lagi bahwa segala bangsa-bangsa di dunia akan mengetahui SIAPA YHWH sesungguhnya. Pada ayat 7 menyatakan  bahwa pembebasan luar biasa ini juga membuat Israel, umat pilihanNya, mengerti siapa YHWH .  Tuhan  menyatakan bahwa melalui kejadian ini  kekudusan namaNya tidak  tidak lagi tercemar oleh Israel, juga mengenalkan nama Tuhan yang sesungguhnya  kepada dunia.
Kemudian selanjutnya, Yehezkiel menjelaskan  akibat dari  pembunuhan besar-besaran dan akan di bersihkannya tanah Israel setelah peperangan :
Yehezkiel 39 : 9 Dan yang diam di kota-kota Israel akan keluar dan menyalakan api serta membakar semua perlengkapan senjata Gog, yaitu perisai kecil dan besar, busur dan panah, tongkat pemukul dan tombak, dan mereka membakarnya selama tujuh tahun. 10  Mereka tidak akan mengambil kayu dari hutan belukar atau membelah kayu api di hutan-hutan, sebab mereka akan menyalakan api itu dengan perlengkapan senjata itu. Mereka akan merampas orang-orang yang merampas mereka dan menjarah orang-orang yang menjarah mereka , demikianlah firman Tuhan ALLAH.11 Maka pada hari itu Aku akan memberikan kepada Gog suatu tempat, dimana ia akan di kubur di Israel, yaitu Lembah Penyeberangan di sebelah timur dari laut dan kuburan itu akan menghalangi orang-orang yang menyeberang. Dimana Gog akan di kubur dengan semua khalayak ramai yang mengikutinya dan tempat itu akan disebut Lembah Khalayak Ramai Gog. 12 Kaum Israel akan mengubur mereka selama tujuh bulan dengan maksud mentahirkan tanah itu. 13 Dan seluruh penduduk negeri turut menguburnya dan hal itu menjadikan mereka kenamaan pada hari itu Aku menyatakan kemuliaanKu, demikianlah firman Tuhan ALLAH. 14 Beberapa orang di khususkan untuk terus-menerus menjelajahi seluruh tanah itu untuk mengubur orang-orang yang masih bergelimpangandiatas tanah dengan maksud mentahirkannya. Sesudah lewat yang tujuh bulan itu merekaakan memeriksa tanah itu. 15 kalau mereka menjelajahinya dan seorang menjumpai sepotong tulang manusia, maka orang itu harus meletakkan batu di sampingnya sebagai tanda sampai tukang-tukang kubur menguburkannya di Lembah Khayalak Ramai Gog. 16 – Dan ada juga nama kota Hamona - , Dengan demikian mereka mentahirkan tanah itu. 
Yehezkiel mencatat pernyataan dari nubuat ini bahwa kekuaatan Tuhan akan  mendatangkan kehormatan bagi bangsa Israel. Selama  tujuh bulan, orang-orang Israel akan sibuk membakar sisa-sisa  tentara-tentara Gog. Selama tujuh tahun mereka akan membakar seluruh senjata-senjata yang di bawa tentara Gog. Selama itu mereka tidak perlu memotong pohon-pohon di hutan untuk membakarnya, dan ini merupakan kesempatan bagi Israel untuk berbenah keadaan bangsanya.
Setelah membahas dengan singkat keadaan tentara-tentara  Gog dan senjata-senjata mereka, Tuhan mengutus Yehezkiel untuk mencatat lebih terperinci  keadaan tanah Israel segera setelah itu:
Yehezkiel 39 : 17 Dan engkau , anak manusia, beginilah firman Tuhan ALLAH : Katakanlah kepada segala jenis burung-burung dan segala binatang buas : berkumpullah kamu dan datanglah, berhimpunlah kamu dari segala penjuru pada perjamuan korban yang Kuadakan bagimu, yaitu suatu perjamuan korban yang besar di atas gunung-gunung Israel; kamu akan makan daging dan minum darah. 18  Daging para pahlawan akan kamu makan dan darah para pemimpin dunia akan kamu minum, mereka semuanya ibarat domba jantan, anak domba, kambing jantan dan lembu jantan, ternak gemukan dari Basan. 19 Kamu akan makan lemak sampai kamu kenyang dan minum darah sampai kamu menjadi mabuk pada perjamuan korban yang Kuadakan bagimu. 20 Kamu akan menjadi kenyang pada perjamunanKu dengan makanan: kuda dan penunggangnya, pahlawan dan semua orang perang, demikianlah firman Tuhan ALLAH.
Di kitab Wahyu 19, Yohanes juga mencatat bahwa daging-daging (sekutu Gog) yang busuk itu akan dimakan oleh burung-burung  pemakan bangkai:
Wahyu 19 : 17 Lalu aku melihat seorang malaikat berdiri di dalam matahari dan ia berseru dengan suara nyaring  kepada semua burung yang terbang di tengah langit, katanya : “Marilah kesini dan berkumpullah untuk turut dalam perjamuan Allah, perjamuan yang besar, 18 supaya kamu makan daging semua raja dan daging semua panglima dan daging semua pahlawan dan daging semua kuda dan daging semua penunggangnya dan daging semua orang, baik yang merdeka maupun yang hamba, baik yang kecil maupun yang besar.”
19 Dan aku melihat binatang itu dan raja-raja di bumi serta tentara-tentara merekatelah berkumpul untuk melakukan peperangan melawan Penunggang kuda itu dan tentaranya. 20 Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama-sama dengan dia nabi palsu , yang telah mengadakan tanda-tanda di depan matanya, dan dengan demikian ia menyesatkan mereka yang telah menerima tanda dari binatang itu dan yang telah menyembah patungnya. Keduanya di lemparkan hidup-hidup ke dalam lautan api yang menyala-nyala oleh belerang. 21 Dan semua orang lain di bunuh dengan pedang, yang keluar dari mulut Penunggang kuda itu; dan semua burung kenyang oleh daging mereka.
Pedang yang keluar dari mulut Mesias adalah firman Tuhan ( Ibrani 4 : 12 ). Dengan menjatuhkan hukuman atas Gog dan tentara-tentaranya karena pemberontakan mereka, maka Yesus akan membawa atas mereka murka Allah yang mengakibatkan kehancuran besar-besaran atas bumi ini.
Yehezkiel 39 : 21 Aku akan membuat kuasa kemuliaanKu berlaku atas bangsa-bangsa dan mereka semua melihat hukuman yang akan kujatuhkan dan akan melihat tanganKu yang akan memukul mereka. 22 Dan kaum Israel akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allah mereka, mulai hari itu dan seterusnya, 23 Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa karena kesalahannyakaum Israel harus pergi ke dalam pembuangan , dan sebab mereka berobah setia terhadap Aku, Aku menyembunyikan wajahKu terhadap mereka. Dan Aku menyerahkan mereka kedalam tangan lawan-lawannya dan mereka semuanya mati rebah oleh pedang. 24 Selaras dengan kenajisan dan durhaka mereka Kuperlakukan mereka dan Kusembunyikan wajahKu terhadap mereka.
Seperti yang di jelaskan sebelumnya, penghancuran tentara-tentara Gog sekali untuk selamanya dan menunjukkan bahwa YHWH adalah Tuhannya bangsa Israel. Ini juga akan menyadarkan bangsa-bangsa bahwa Dialah Tuhan segala tuhan, dan menyadarkan mereka bahwa Dia tidak akan  pernah meninggalkan Israel, hanya sedikit peringatan bagi mereka dan Ia menyembunyikan wajahNya karena dosa-dosa mereka ( Israel ). 
Yehezkiel menyelesaikan nubuatnya dengan mengulang janji Tuhan atas Israel :
Yehezkiel 39 : 25 Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: sekarang, Aku akan memulihkan keadaan Yakub dan akan menyayangi seluruh kaum Israel dan cemburuKu timbul untuk mempertahankan namaKu yang kudus. 26 Mereka akan melupakan noda mereka dan segala ketidaksetiaan mereka, yang dilakukannya terhadap Aku, kalau mereka sudah diam kembali  di tanah mereka dengan aman tenteram dengan  tidak dikejutkan oleh apapun,  27 dan kalau Aku sudah membawa mereka kembali dari tengah bangsa-bangsa dan mengumpulkan mereka dari tanah musuh-musuh mereka dan pada saat Aku menunjukkan kekudusanKu kepada mereka di hadapan bangsa-bangsa yang banyak. 28 Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allah mereka, yang membawa mereka ke dalam pembuangan di tengah bangsa-bangsa dan mengumpulkan mereka kembali di tanahnya danAku tidak membiarkan seorangpun dari padanya tinggal disana. 29 Aku tidak lagi menyembunyikan wajahKu terhadap mereka, kalau Aku mencurahkan RohKu keatas Israel, demikianlah firman Tuhan  ALLAH.
Sangatlah jelas, bahwa akhir dari perang Gog-Magog membuktikan betapa Tuhan mengasihi Israel sejak dahulu sampai sekarang. Tercurahnya Roh Kudus keatas Orang-orang Israel setelah ketika Mesias menghancurkan dan mengalahkan musuh-musuh Tuhan dan mengembalikan Israel kembali ke tanah Perjanjian. Seperti yang di nubuatkan nabi Yeremia :
Yeremia 31 : 31 Sesungguhnya , akan datang waktunya, demikianlah firman Tuhan, Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda, 32 bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir; perjanjianKu itu telah mereka ingkari, meskipun Aku menjadi tuan atas mereka yang berkuasa atas mereka, demikianlah firman TUHAN. 33 Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN : Aku akan menaruh TauratKu dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu, 34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya ata mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka.
Dalam kitab Yehezkiel 39 dengan jelas menerangkan  bahwa campur tangan Tuhan atas penghancuran pasukan Gog adalah PERMULAAN yang melegakan pada waktu pemulihan keadaan orang-orang Israel. Dinubuatkan bahwa disana tidak ada tempat setelah “perang Harmageddon”. Yesus akan datang kembali dan mengalahkan pasukan Gog, dan pemerintahan yang sejati, Mesias, akan mulai memerintah. Akan terjadi zaman keemasan bukan hanya untuk Israel tetapi bagi segala bangsa-bangsa.
Kesimpulan
Didalam Alkitab dengan jelas mengungkapkan kesamaan  antara peperangan Gog-Magog dan “perang Harmageddon”. Baik kitab Yehezkiel dan kitab Wahyu mencatat adanya gempa bumi dahsyat dan runtuhnya kota-kota di segala bangsa-bangsa. Kedua kitab tersebut juga menyebutkan adanya hujan batu es yang jatuh dari langit menimpa para musuh-musuh Tuhan. Baik Kitab Yehezkiel dan Wahyu menyebutkan bahwa para penyerang yang menyerang Israel akan terbunuh dalam jumlah yang sangat besar dan akan menjadi makanan burung-burung pemakan bangkai. Dengan membandingkan persamaan dasar ke dua nubuat itu, menjadi sangatlah jelas bahwa kedua nubuat-nubuat itu  mempunyai perbedaan penggambaran dari kesamaan kejadian. Oleh karena itu , kita dapat memastikan bahwa perang Gog-Magog dan Harmageddon adalah akhir dari pemberontakan besar atas bangsa-bangsa yang melawan Tuhan sebelum dimulainya masa Seribu tahun.

IS THE GOG/MAGOG WAR THE BATTLE OF ARMAGEDDON?”
By Bryan T. Huie , September 1, 2007

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

Translate me