GOG-MAGOG VS ARMAGEDDON part.1

GOG-MAGOG VS ARMAGEDDON  (1)



Kitab Yehezkiel pasal 38 dan 39 menubuatkan pada masa mendatang akan terjadi serangan atas Israel yang di prakarsai dan pimpin oleh bangsa yang bernama Gog, demikian rinciannya:

Yehezkiel 38 : 1 Datanglah firman TUHAN kepadaku: 2 ”Hai anak manusia, tujukanlah mukamu kepada Gog di tanah Magog, yaitu raja agung negeri Mesekh dan Tubal dan bernubuatlah melawan dia 3 dan katakanlah : Beginilah firman Tuhan ALLAH : Lihat Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal. 4 Aku akan menarik engkau dengan menggunakan kelikir pada rahangmu dan akan membawa engkau keluar beserta seluruh tentaramu , yaitu pasukan berkuda, semuanya berpakaian lengkap, suatu kumpulan orang banyak dengan perisai besar dan kecil dan semuanya berpedang di tangannya 5 Orang Persia , Etiopia, dan Put menyertai mereka dan semuanya dengan perisai dan ketopong; 6 orang Gomer dengan seluruh bala tentaranya, Bet-Togarma dari utara sekali dengan seluruh bala tentaranya, banyak bangsa menyertai engkau. 7 Bersedialah dan bersiaplah engkau dengan semua kumpulan orang yang menggabungkan diri dengan engkau dan jadilah pelindung bagi mereka.

Banyak teori yang menyebutkan siapa saja bangsa-bangsa modern yang  masuk dalam daftar negara-negara yang ikut serta serangan Gog diatas, tetapi fokus dari artikel ini bukanlah bangsa-bangsa tersebut. Lebih dari itu , kita akan mencari tahu dan melihat kapan nubuat ini akan terjadi menjelang  akhir zaman.

Beberapa ajaran sekarang mengatakan bahwa perang Gog-Magog akan terjadi sebelum mulainya  masa Antichrist. Dari dasar itu perang Gog-Magog  di gambarkan peperangan terakhir yang disebut “peperangan Harmagedon”.  Tetapi apakah pengertian tersebut cukup akurat? Ataukah perang Gog-Magog berbeda sekali dengan Harmageddon? Salah satu tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menunjukkan dan menjelaskan dari Kitab Suci bahwa peperangan ini bukanlah peperangan yang berbeda tapi sama, hanya saja nama dan penggambarannya  yang berbeda.

Nubuat Yehezkiel dilanjutkan dengan penjelasan tentang Gog dan tentara-tentaranya memutuskan apa yang akan dilakukan terhadap orang-orang pilihan Tuhan yang menempati tanah Israel pada jaman itu:

Yehezkiel 38 : 8 “Sesudah waktu yang lama sekali engkau akan mendapat perintah; pada hari yang terkemudian engkau akan datang di sebuah negeri yang dibangun kembali sesudah musnah karena perang, dan engkau menuju suatu bangsa yang di kumpul dari tengah-tengah banyak bangsa di atas gunung-gunung Israel yang telah lama menjadi reruntuhan. Bangsa ini telah di bawa keluar dari tengah bangsa-bangsa dan mereka semuanya diam dengan aman tenteram. 9 Engkau muncul seperti angin badai dan datang seperti awan yang menutupi seluruh bumi, engkau beserta seluruh bala tentaramu dan banyak bangsa menyertai engkau. 10 Beginilah firman Tuhan ALLAH : Pada hari itulah timbullah niat dalam hatimu dan engkau membuat rancangan jahat. 11 Engkau berkata : Aku akan bangkit bergerak menyerang tanah yang kota-kotanya tanpa tembok dan akan mendatangi orang-orang yang hidup tenang-tenang dan diam dengan aman tenteram ; mereka semuanya diam tanpa tembok atau palang atau tanpa pintu gerbang. 12 Engkau bermaksud untuk merampas dan menjarah dan mengacungkan tanganmu terhadap reruntuhan-reruntuhan yang sudah didiami kembali dan menyerang umatKu yang telah di kumpulkan dari tengah bangsa-bangsa. Mereka sudah mempunyai ternak dan harta benda dan mereka diam di pusat bumi. 13 Negeri Syeba dan Dedan beserta pembeli-pembeli barangnya, negeri Tarsis beserta pedagang-pedagangnya akan berkata kepadamu : Apakah engkau datang untuk merampas dan mengumpulkan sekutumu untuk menjarah, untuk mengangkut perak dan emas, untuk melarikan ternak dan harta benda dan untuk melakukan perampasan yang hebat sekali?

Di nubuatkan bahwa SETELAH kembalinya orang-orang Israel yang telah tersebar dari banyak bangsa ke tanah Perjanjian. Pada saat itu Gog memutuskan akan menyerbu tanah Israel, keitka itu Israel sedang dalam pemulihan diri setelah peperangan. Orang-orang Israel akan tinggal aman di tanahnya dan menghuni kota-kota yang tidak terlindungi di gunung-gunung di tanah Israel. Mereka juga akan mengumpulkan begitu banyak harta benda.

Yehezkiel 38 : 14 Sebab itu, bernubuatlah, hai anak manusia dan katakanlah kepada Gog : Beginilah firman Tuhan ALLAH : Ketika umatKu Israel sedang diam dengan aman tenteram, pada waktu itulah engkau akan bergerak 15 dan datang dari tempatmu dari utara sekali, engkau dengan banyak bangsa yang menyertai engkau, mereka semuanya mengendarai kudan, suatu kumpulan yang besar dan suatu pasukan yang kuat. 16  Engkau bangkit melawan umatku Israel seperti awan yang menutupi seluruh bumi. Pada hari yang terkemudian akan terjadi hal itu dan Aku akan membawa engkau untuk  melawan tanahKu, supaya bangsa-bangsa mengenal Aku, pada saat Aku menunjukkan kekudusanKu kepadamu dihadapan mereka, hai Gog.

Dalam permulaan nubuat ini , di katakan bahwa Tuhanlah yang akan menggerakkan Gog bersama pasukan –pasukan dari berbagai bangsa untuk menyerang Israel ketika Israel kembali  berkumpul dan tinggal di tanah Israel di kota-kota yang tak terjaga. Alasan Tuhan menyatakan bahwa Ia yang menimbulkan pikiran bagi Gog dan bangsa-bangsa lain untuk melakukan hal demikian adalah untuk menyatakan sebenarnya siapakah Dia. Dengan jelas Yehezkiel mengatakan demikian karena dunia belum mengenal dan mengetahui siapa Tuhan yang sebenarnya.

Disana ada sekumpulan tentara-tentara perkasa berasal dari Utara sekali datang bersama Gog , untuk datang ke tanah Israel. Pembentukan tentara-tentara ini juga di sebutkan oleh Yohanes di pasal 16 kitab Wahyu :

 Wahyu 16 : 12 “Dan malaikat yang ke enam menumpahkan cawannya ke atas sungai yang besar, sungai Efrat, lalu keringlah airnya, supaya siaplah jalan-jalan bagi raja-raja yang datang dari sebelah Timur, 13 Dan aku melihat dari mulut naga dan dari mulut binatang dan dari mulut nabi-nabi palsu itu keluar tiga roh najis yang menyerupai katak. 14 itulah roh-roh setan yang mengadakan perbuatan-perbuatan ajaib, dan mereka pergi mendapatkan raja-raja di seluruh dunia,  untuk mengumpulkan mereka guna peperangan pada hari besar, yaitu pada hari Allah Yang Mahakuasa.  15 “Lihatlah Aku datang seperti pencuri. Berbahagialah dia , yang berjaga-jaga dan yang memperhatikan pakaiannya, supaya ia jangan berjalan dengan telanjang dan jangan kelihatan kemaluannya.”  16  lalu ia mengumpulkan mereka di tempat , yang dalam bahasa Ibrani disebut Harmagedon.

Harmagedon adalah terjemahan dari bahasa Ibrani ; har Megiddo (bukit Megiddo). Namun demikian, dataran rendah  dari bukit itulah fokus dari nubuat, Dataran  Esdraelon ( juga di kenal dengan nama Dataran Megiddo  atau Lembah Yizreel ). Seperti pada peta di bawah ini , Dataran Esdraelon  kira-kira 55 mil Utara Yerusalem, 20 mil Selatan Timur (Tenggara) dari kota Israel modern , Haifa, dan bagian Selatan dekat Nazaret.





Di Dataran Esdraelon inilah para tentara-tentara dari Timur, berjalan melewati  sungai Efrat yang kering ( di tunjukkan garis tebal kuning di peta), dan akan bergabung dengan pasukan  Gog dalam rencana mereka memusnahkan siapa saja yang tinggal dan menghuni Israel.





Kembali ke Yehezkiel, kita tahu bahwa Tuhan tidak akan mengijinkan  apa yang disebut sebagai “binatang (beast)” yaitu Gog berhasil dalam rencana jahatnya:

Yehezkiel 38 : 17 Beginilah firman Tuhan ALLAH : Engkaulah itu tentang siapa Aku sudah berfirman pada hari-hari dahulu kala dengan perantaraan hamba-hambaKu, yaitu nabi-nabi Israel, yang bertahun-tahun bernubuat pada waktu itu . bahwa Aku akan membawa engkau melawan umatKu.  18  Pada waktu itu, pada saat Gog datang melawan rakyat Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH, amarahKu akan timbul. Dalam murkaKu, 19  Dalam cemburuKu dan dalam api kemurkaanKu Aku akan berfirman : Pada hari itu pasti terjadi gempa bumi yang dahsyat di tanah Israel. 20  Ikan-ikan di laut , burung-burung di udara, binatang-binatang hutan, segala binatang melata yang merayap di bumi dan semua manusia yang ada di atas bumi akan gentar melihat wajahKu. Gunung-gunung akan runtuh, lereng-lereng gunung akan longsor, dan tiap tembok akan rubuh ke tanah.”

Di sini kita lihat, hal pertama yang terjadi ketika murka Allah menimpa atas Gog adalah gempa bumi dahyat yang akan mengguncang tanah Israel. Gempa bumi itu begitu dahyat sehingga mengakibatkan gunung-gunung akan runtuh dan setiap tembok roboh. Gempa bumi yang demikian juga di jelaskan dalam kitab Zakharia :

Zakharia 14 : 3  Kemudian Tuhan akan maju berperang melawan bangsa-bangsa itu sepertiIa berperang pada hari pertempuran. 4  Pada waktu itu kakiKnya akan berjejak di bukit Zaitun yang terletak di depan Yerusalem di sebelah timur, bukit Zaitun itu akan terbelah dua dari timur ke barat, sehingga terjadi suatu lembah yang sangat besar  ; setengah dari bukit itu akan bergeser ke utara dan satu lagi ke selatan. 5  maka tertutuplah lembah gunung-gunungKu , sebab lembah gunung itu akan menyentuh sisinya; dan kamu akan melarikan diri seperti kamu pernah melarikan diri oleh karena gempa bumi pada zaman Uzia, raja Yehuda, lalu TUHAN, Allahku akan datang, dan semua orang kudus  bersama-sama Dia.

Berbicara mengenai apa yang akan terjadi setelah penaklukan Yerusalem ( Zakharia 14 : 1 - 2 ), Zakharia mengatakan bahwa gempa bumi yang dahsyat akan terjadi di Israel (khususnya, Bukit Zaitun) ketika Yesus kembali. Dimana  gempa bumi akan terjadi pada saat kaki Messias menapak pada Bukit Zaitun. Seperti yang dinubuatkan , Yesus akan datang kembali pada tempat yang sama seperti saat Dia naik ke surga.

Kisah Para Rasul 1 : 9  Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutupnya dari pandangan mereka. 10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, 11 dan berkata kepada mereka : “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit?  Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Ia naik ke sorga.12  Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang di sebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem...

bersambung...

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Perang Gog ini adalah antara Israel melawan Russia dan negara2 arab.

sedang Perang Armageddon adalah
antara Yesus Kristus vs antikris yg
memimpin pasukan2 seluruh dunia.

Sesudah Gog cs dikalahkan antikris akan tampil utk membuat perdamaian 7 tahun antara Israel vs gog cs.


God bless

nazzar boy mengatakan...

Islam lah yang di ridhoi.....AllahuAkbar

Yohanes mengatakan...

3 : 16

jika, Islam di ridhoi Allah, dan Israel Di ridhoi TUHAN, maka manusia di ridhoi ...

Andre jese mengatakan...

Ini adalah penjelasan yang sangat detail singkat padat dan jelas thanks info nya