mining saya

ORACLE


Lima Kitab Musa ( Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan Ulangan) merupakan dasar dari semua kitab didalam Alkitab, pada kitab ini dijelaskan perintah-perintah dasar dari Allah. Pada kitab ini juga Allah telah mengungkapkan segala hal tentang dunia ini, tentang hari raya Allah, tentang Yesus Kristus yang adalah Mesias sang juru selamat, juga tentang kedatangan Yesus Kristus yang kedua pada akhir jaman.

Roma 3 : 1 – 2Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi..? Banyak sekali, dan didalam segala hal , Pertama-tama : sebab kepada merekalah dipercayakan Firman Allah”.

Kepada bangsa Yahudi, Allah telah menyatakan namaNya  dan kemuliaanNya.

Ibrani 5 : 12Sebab sekalipun kamu , ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras.”

Sangatlah perlu orang-orang percaya belajar tentang asas-asas firman Allah (Kitab Taurat) yang adalah makanan keras.

 1 Pet. 4 : 11 a “Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah.”

Kis 7 : 38 b dan dialah (Musa) yang menerima firman-firman yang hidup untuk menyampaikannya kepada kamu.”

II Tim 3 : 15Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.”

Timotius, murid Paulus, telah belajar dan telah diajarkan mengenai kitab suci bahkan sebelum Paulus menulis kitabnya.

II Tim 3 : 16Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakukan dan untuk mendidik oang dalam kebenaran.”

lima kitab Musa adalah Firman Allah yang hidup, sabda Allah, Kitab Taurat, Kitab Suci, perintah Allah, asas-asas pokok pernyataan Allah. Dalam bahasa inggris “oracle”(Perjanjian Lama) – “scripture”(Perjanjian Baru), dalam bahasa Yunani “Logion” yang berarti “komunikasi”. Firman inilah yang menjadi dasar kehidupan gereja dan orang-orang percaya mula-mula.

Kis 17 : 2Seperti biasa Paulus masuk ke rumah ibadat itu. Tiga hari Sabat berturut-turut ia membicarakan dengan mereka bagian-bagian dari Kitab Suci.”

Kis 18 : 28sebab dengan tak jemu-jemunya ia membantah orang-orang Yahudi di muka umum dan membuktikan dari Kitab Suci bahwa Yesus adalah Mesias’

Kis 17 : 11Orang-orang Yahudi di kota (kota Berea) itu lebih baik hatinya daripada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.”

Kis 22 : 3 aAku ( Paulus ) adalah orang Yahudi, lahir di Tarsis di tanah Kilikia, tetapi dibesarkan dikota ini; dididik dengan teliti dibawah pimpinan Gamaliel dalam hukum nenek moyang kita...”

Kitab Taurat merupakan dasar bahwa Yesus adalah Mesias . dan kemudian murid-murid Nya dan Paulus menulis kitab berdasarkan Kitab Taurat ini.
Sangatlah perlu bagi kita mengetahui, mengenal dan mempelajari tentang Kitab Taurat Musa. Karena iblis akan memutar-balikkan ajaran Allah menjadi ajaran yang membinasakan.

II Pet 3 : 16Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutar-balikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain.”

II Pet 3 : 17Tetapi kamu, saudaraku-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya, karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret kedalam kesesakan orang-orang yang tidak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh.”

Tuhan Yesus sudah memperingatkan tentang pentingnya mempelajari dan mengerti firmanNya.

Mat 22 : 29 “Yesus menjawab mereka ; “Kamu sesat, sebab kamu tidak mengerti Kitab Suci maupun, kuasa Allah!”

Luk 24 : 18 – 19 aSeorang dari mereka , namanya Kleopas, menjawabNya: “Adakah Engkau satu-satunya orang asing di Yerusalem, yang tidak tahu apa yang terjadi di situ pada hari-hari belakangan ini?” KataNya kepada mereka: “Apakah itu?”

Semula mereka sedang memperbincangkan tentang kematian dan kebangkitan Yesus. Rupanya mereka tidak mengerti Kitab Suci sehingga tidak tahu mengapa yesus sang Mesias harus menderita, mati dan bangkit.

Luk 24 : 25 – 27Lalu Ia berkata kepada mereka: “Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi! Bukankah Mesias harus menderita  semuanya itu untuk masuk kedalam kemuliaanNya?” Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi.”

Yoh. 20 : 31tetapi semua yang tercantum disini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam namaNya.”

Dalam kitab Yohanes secara khusus menerangkan bahwa Yesus adalah Mesias, dan secara khusus juga dia (Yohanes) menerangkan penglihatan tentang akhir jaman pada kitab Wahyu.

(Hari-hari raya Allah) Feast Of the Lord 

Yer 16 : 14 – 15Sebab itu, demikianlah firman TUHAN, sesungguhnya, waktunya akan datang, bahwa tidak dikatakan orang lagi: demi TUHAN yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir!, melainkan : Demi TUHAN yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah utara dan dari segala negeri kemana Ia telah menceraiberaikan mereka! Sebab Aku akan membawa mereka pulang ...”  

Yer 16 : 19 a - 20Ya TUHAN, kekuatanku dan bentengku, tempat pelarianku pada hari kesesakan! KepadaMu akan datang bangsa-bangsa dari ujung bumi serta berkata : “Sungguh, nenek moyang kami hanya memiliki dewa penipu, dewa kesia-siaan yang satupun tiada berguna. Dapatkah manusia membat allah bagi dirinya sendiri? Yang demikian bukanlah allah!”

Natal (sinterklas), minggu sabat, paskah (telur paskah), dan hari perayaan Kristen lain adalah perayaan yang sangat berbeda jauh dengan hari perayaan bagi Allah. Hari-hari raya itu tidak menyembah Allah yang hidup melainkan bentuk penyembahan kepada dewa-dewa pagan.  Iblis telah membawa orang-orang percaya (tentu saja yang tidak mengerti kitab Taurat Musa) menuju kebinasaan dengan bentuk kesesatan hari-hari perayaan. Hal ini berlangsung turun temurun antar generasi dan akhirnya mereka tidak mengenal TUHAN dan TUHAN tidak mengenal mereka.

Yeh 8 : 14 b “..disana ada perempuan-perempuan yang menangisi dewa Tamus.”
Yeh 8 : 16 b “..yang membelakangi bait TUHAN dan menghadap kesebelah timur sambil sujud pada matahari di sebelah timur.”

Tamus (Tammuz) adalah nama bulan di kalender Ibrani, dewa Tamus dipercaya anak dari matahari terbit dan janda Nimrod, lahir tanggal 25 desember. Begitu juga dewa matahari (Ra), Hagus , Metra (dewa Romawi kuno)  lahir pada tanggal yang sama.  Dan Yesus tidak lahir pada tanggal itu, jadi apa yang dirayakan umat pilihan Allah pada tanggal 25 desember secara turun temurun itu? 

 Ul. 18 : 9Apabila engkau sudah masuk ke negeri yang di berikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, maka janganlah engkau belajar berlaku sesuai dengan kekejian yang dilakukan bangsa-bangsa itu.”
 
Im 23 : 1 – 2TUHAN berfirman kepada Musa: “Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka : Hari-hari raya yang ditetapkan TUHAN yang harus kamu maklumkan sebagi waktu pertemuan kudus, waktu perayaan yang Kutetapkan

Sekarang mana yang kita ikuti? Allah yang hidup atau yang lain.

Yer 16 : 21Sebab itu ketahuilah, Aku mau memberitahukan kepada mereka, sekali ini Aku akan memberitahukan kepada mereka  kekuasaanKu dan keperkasaanKu, supaya mereka tahu, bahwa namaKu TUHAN.”  

Pada kedatangan Yesus yang kedua, Allah akan menyatakan kemuliaanNya dan namaNya yang kudus. YHWH nama yang kudus dan mulia, diberkatilah yang datang dalam namaNYA.

Hallelu-YAHU     : Terpujilah YHWH
YAHU-shua         : salutation for YHWH , TUHAN Penyelamat, nama di atas segala nama, Yesus Kristus

Yes 46 : 9 – 10Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, bahwasanya Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku, yang memberitahukan dari  mulanya hal yang kemudian dan dari zaman purbakala apa yang belum terlaksana, yang berkata : KeputusanKu akan sampai dan segala kehendakKu akan Kulaksanakan.”
 
Setiap kehendak Allah di akhir jaman  segera tergenapi, petunjuk hari-hari Allah berbeda dengan petunjuk hari-hari pada generasi sekarang. Penjelasan tentang hari-hari besarNya sebagian besar tertulis dalam kitab Imamat. Karena Allah memiliki hari-hari perayaan bagiNya dan kita umatNya harus mengerti dan melakukanNya bagiNya. Dan Allah juga telah memberi petunjuk cara mengetahui hari-hari, supaya umatNya mengerti dan memperhatikan.    

Kej 1 : 14Berfirmanlah Allah : “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun.” 

Maz 19 : 4Tidak ada berita dan tidak ada kata, suara mereka tidak terdengar.

Maz 19 : 2 – 3Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tanganNya, hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam.” 

Berjaga-jagalah I Tes 4 - 5

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

Translate me