mining saya

Tabut Perjanjian - Michael Rood ( I )

Rahasia Bait Suci Raja Salomo ( I )

Bait suci yang didirikan Raja Salomo sekarang tinggal puing-puing saja. Didalam Bait Suci itu ada ruang maha kudus yang berisi Tabut Perjanjian, tabut itu sangat terkenal sehingga banyak diincar dan dicari oleh raja-raja pada jamannya bahkan sekarang masih banyak yang mencari.

500 tahun setelah berdirinya Bait Suci, Ketika itu raja Babel ,Nebukadnezar, beserta tentara Kasdim mengepung dan merobohkan Yerusalem, juga menjarah semua perbendaharaan Bait Suci, semua diambil, namun ketika memasuki Bait Suci, mereka tidak menemukan Tabut Perjanjian itu, Raja Babel tidak menemukan apa yang dia cari. Hanya menemukan beberapa peralatan penyembahan saja

Yer 52 : 4Maka pada tahun kesembilan dari pemerintahannya, dalam bulan yang kesepuluh, pada tanggal sepuluh bulan itu, datanglah Nebukadnezar, raja Babel, dengan segala tentaranya menyerang Yerusalem. Berkemahlah mereka mengepungnya dan didirikan merekalah tembok pengepungan sekelilingnya.”

II Raj 25 : 8 – 10Dalam bulan yang kelima pada tanggal tujuh bulan itu – itulah tahun kesembilan belas zaman raja Nebukadnezar, raja Babel – datanglah Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal, pegawai raja Babel, ke Yerusalem. Ia membakar rumah TUHAN, rumah raja dan semua rumah di Yerusalem; semua rumah orang-orang besar dibakarnya dengan api. Tembok sekeliling kota Yerusalem dirobohkan oleh semua tentara Kasdim yang ada bersama-sama dengan kepala pasukan pengawal itu.” 

II Raj 25 : 14kuali-kuali, penyodok-penyodok, pisau-pisau dan cawan-cawan dan segala perkakas tembaga yang dipakai untuk menyelenggarakan kebaktian, diambil mereka.”
II Raj 25 : 16 – 17Adapun kedua tiang, “laut” yang satu itu, kereta penopang yang dibuat oleh Salomo untuk rumah TUHAN, tiada tertimbang segala tembaga perkakas ini. Delapan belas hasta tingginya tiang yang satu, dan diatasnya ada ganja dari tembaga; tinggi ganja itu tiga hasta dan jala-jala dan buah-buah delima ada diatas ganja itu sekeliling, semuanya itu tembaga, dan seperti itu juga tiang yang kedua, disertai jala-jala.”

Perhatikan tinggi tiang dan tinggi ganja pada kedua tiang Bait Suci; bandingkan dengan ;

I Raja-raja 7 : 15 – 16Ia membentuk dua tiang tembaga, tinggi tiang yang satu delapan belas hasta dan dapat dililit oleh tali yang dua belas hasta panjangnya; tiang yang kedua demikian juga. Dibuatnya juga dua ganja untuk ditaruh di kepala tiang-tiang itu, dari tembaga tuangan, tinggi ganja yang satu lima hasta dan tinggi ganja yang kedua lima hasta.”

Ketika bagian atas  tiang itu didapatkan, di sana terukur tinggi ganja tiga hasta, namun ketika di bongkar tinggi hasta tersebut tetap lima hasta.

Yer 52 : 17Juga tiang-tiang tembaga yang ada di rumah TUHAN dan kereta penopang dan laut tembaga yang ada di rumah TUHAN di pecahkan oleh orang Kasdim dan seluruh tembaganya di angkut mereka ke Babel.”

Yer 52 : 21 – 22Adapun tiang-tiang itu, satu tiang delapan belas hasta tingginya dan dapat dililit oleh tali yang dua belas hasta panjangnya; tebalnya empat jari dan geronggang dari dalam. Diatasnya ada ganja dari tembaga; tinggi ganja yang satu itu lima hasta, dan jala-jala dan buah delima ada di atas ganja itu sekeliling, semuanya dari tembaga.”

Di depan Bait Suci terdapat dua tiang, tiang itu hanya lambang karena tiang itu tidak menyangga apa-apa. Kedua tiang itu dinamakan Yakhin dan Boas ( II Raj 7 : 21 ). Dan kedua tiang itu mempunyai arti penting untuk melindungi Tabut Perjanjian yang ada di dalam ruang Maha kudus.


I Raj 7 : 13 – 14 aKemudian raja Salomo menyuruh orang menjemput Hiram dari Tirus. Dia adalah anak seorang janda dari suku Naftali, sedang ayahnya seorang Tirus, tukang tembaga; ia penuh dengan keahlian, pengertian dan pengetahuan untuk melakukan segala pekerjaan tembaga..” 

Pekerjaan pembuatan dua tiang tembaga dilakukan oleh Hiram si ahli tembaga, juga dia dikenal sebagai Hiram Abif (Mason pertama). Sekarang kedua tiang itu dijadikan sebagai lambang Mason, juga lambang aliran Messianic. Jadi bisa dikatakan jika Hiram tahu segala hal tentang bangunan Bait Suci.

  >>  bersambung ke bagian II

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

Translate me