Jehovah Witnesses, The Solar Templar

Saksi Jehovah (Jehovah Witnesses) 

      Didirikan oleh Charles Taze Russel (1852-1916). sebelum mendirikan sekte Saksi Jehovah ini, Russel adalah anggota sekte Presbitarian, Congregational, kemudian menjadi pengikut sekte Adven. Dia mendirikan jemaat sekolah Injil yang diberi nama Zion's Watch Tower Bible and Tract Society. Setelah Russel meninggal dunia pada tahun 1916, kelompok tersebut dipimpin oleh Joseph Franklin Rutherford yang berhasil mengembangkan organisasi keagamaan tersebut dengan merekrut lebih banyak jemaat. Pada tahun 1931, gerakan keagamaan ini lebih dikenal dengan nama Saksi Jehovah (Jehovah Witnesses) dan memfokuskan propaganda agamanya dalam kegiatan penerbitan, diantaranya buletin Watchtower yang diterjemahkan dalam 129 bahasa dan mencapai oplah 22 juta eksemplar yang disebarkan ke seluruh pelosok secara gratis.  
namun siapakah jehova itu? dalam kekristenan tidak ada nama itu namun mengapa mereka memasukkan dan memakai alkitab dan nama Yesus kedalam ajaran mereka? jika mereka mengklaim itu adalah nama TUHAN yang diperkenalkan kepada Musa, mengapa mereka memakai nama  yang sama sekali berbeda? siapakah yang mereka sembah? yang jelas bukan TUHAN.



     The Solar Temple

      Didirikan oleh Luc Jouret, yang merupakan kelanjutan dari "Yayasan Jalan Emas" (Golden Way) di bawah pimpinan Joseph Di Mambro (1926-1995). Jouret meyakinkan para pengikutnya bahwa dirinya adalah titisan dari para Ksatria Templar yang hidup pada abad 14 pada waktu Perang Salib. Itulah sebabnya Solar Templar disebut juga dengan nama International Chivalricc Order Solar Tradition. Aliran ini menyembah matahari (sol invictus), sebagaimana tradisi paraTemplar yang dipengaruhi oleh Raja Konstantin. 

      Mereka sangat yakin bahwa hari kiamat terjadi karena kobaran api yang menyala-nyala, sebagai akibat ulah manusia sendiri, terutama kerusakan lingkungan. Sehingga kondisi lingkungan di bumi tidak dapat lagi menahan terpaan sinar matahari. Untuk menyelamatkan dunia, mereka harus terlibat aktif dalam program penyelamatan lingkungan agar kiamat dapat dicegah atau ditunda. 

      Penyimpangan yang sangat mendasar dari aliran ini adalah keyakinan akan kematian sebelum kiamat. Para pengikutnya dapat segera menuju ke surga, bila mereka membakar dirinya, sehingga menyatu dengan panasnya sinar matahari sebagai tuhan mereka. 

      Sebagaimana seperti  aliran lainnya, The Solar Templar tidak luput dari bentuk kriminal dan bunuh diri dari para pengikutnya. Hal itu terjadi di Swiss; di Montreal dan Quebec, Kanada, setidaknya 53 orang melakukan bunuh diri atau dibunuh.dengan alasan menjaga lingkungan dan alam dari kerusakan yang ditimbulkan manusia.



    

Tidak ada komentar: